Ketua KTDA Pusat, Bimo Prasetio.

OKESULTRA.COM, KENDARI – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menggandeng Komunitas Tangan Di Atas (TDA), sebuah komunitas yang menaruh perhatian terhadap pengembangan kewirausahaan, guna meningkatkan dan menumbuhkembangkan jiwa wirausaha bagi mahasiswanya.

Kesepakatan itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di salah satu hotel di Kendari, Kamis (29/11).

Ketua KTDA Pusat, Bimo Prasetio mengatakan, kerjasama ini merupakan bagian dari salah satu program KTDA yang ada dibawah kendali Direktorat Program Khusus yang bernama TDA Kampus.

“Kenapa kami concern dengan kampus, karena kami meyakini bahwa di era digital seperti sekarang ini, kaum milenial yang punya peluang dan potensi. Mereka jika tidak ditumbuhkan jiwa wirausaha sejak masih di kuliah, nantinya akan lambat dalam menghadapi persaingan,” ucap Bimo.

“Dimasa sekarang ini trennya adalah banyak anak muda yang ketika ditanya mau buka usaha apa, mereka menjawab buka usaha dengan model start up, nyari investor, nyiapin seeding saham, pokonya cepet banget mikirnya,” imbuhnya.

Bimo melanjutkan, alasan mengapa Komunitas TDA memilih Kendari, karena mereka melihat potensi wirausaha di kota ini luar biasa.

“Alhamdulillah gayung bersambut, ada kampus yang siap bersinergi dan insya Allah TDA siap bermitra untuk menumbuhkan jiwa wirausaha sesuai dengan misi yang dimiliki oleh Komunitas TDA. Hal ini pun bisa menjadi kolaborasi yang saling menguntungkan, contohnya banyak pebisnis yang terkendala dengan SDM, ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa yang ingin jadi pengusaha untuk bisa magang sambil diberikan pelatihan tentang wirausaha, jadi bukan magang sekedar magang seadanya,” tambah Bimo.

Disamping itu, Komunitas TDA melihat, stakeholder dari civitas akademika universitas itu sangat punya potensi untuk disinergikan dengan KTDA yang hingga saat ini sudah ada di 92 kota, 15 wilayah di 5 negara.

Sementara itu, Rektor Unsultra, Andi Bahrun menjelaskan, mengapa Unsultra menjalin kerjasama dengan Komunitas TDA, berawal dari ketertarikan kampusnya karena adanya kegiatan seminar nasional kewirausahaan ini.

Hal itu, kata Bahrun, penandatanganan MoU ini sesuai dengan tekad Unsultra untuk bisa mempersiapkan calon-calon alumninya agar di masa depan mampu menghadapi segala tantangan antara lain dengan berwirausaha dan tidak hanya berharap untuk menjadi pegawai negeri.

“Kami sudah berupaya dengan segala potensi yang kami miliki, tidak cukup hanya dengan teori semata, kami sudah mengaplikasikan bagaimana mahasiswa berwirausaha. Dengan adanya kerjasama dengan KTDA ini, menjadi peluang dan tantangan bagi kami untuk menyiapkan mahasiswa bagaimana caranya mengambil peran bersama KTDA agar di kemudian hari benar-benar menjadi wirausahawan yang sukses,” ujar Bahrun.


Laporan: Ronal
Publisher: Andise SL

Tulis Komentar Anda Disini