OKESULTRA.COM, RAHA – Upaya pencegahan kanker payudara harus terus dilakukan, pasalnya penyakit mematikan ini sangat rentan diidap oleh kaum hawa tanpa memandang usia. Hal itu mendorong Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Polres Muna mengajak serta mengkampanyekan deteksi dini kanker payudara kepada kaum ibu dan remaja yang ada di Kabupaten Muna.

Memperingati hari ulang tahun YKB ke 39 tahun, pengurus YKB Cabang Muna menggelar sosialisasi deteksi dini kanker payudara dengan menghadirkan Dr. dr. I Made Christian Binekada M.Repro,sp.B (K).Onk sebagai pemateri.

Sosialisasi yang digelar di Aula Aryaguna Polres Muna ini selain dihadiri oleh Ketua TP- PKK Muna, dan Muna Barat, juga nampak Ketua Persit Chandra Kirana, Ketua Ikatan Adi Yaksa Chandra Kirana, Kadis Kesehatan Muna dan seluruh anggota Bhayangkari Polres Muna, Sabtu, (23/2/2019).

Ketua Bhayangkari Muna, dr Nisle Purada mengatakan sosialisasi tersebut baru pertama kali dilakukan oleh Yayasan Kemala Bhayangkari Polres Muna.

“Saya meminta dr, Christian untuk datang ke Raha supaya perempuan-perempuan di Raha bisa ikut diperiksa secara gratis, serta memberikan edukasi kepada perempuan-perempuan di Raha bahwa kanker itu tidak harus ditakuti tapi harus diwaspadai sejak dini,” ucap Nisle.

Sementara itu, dr. Christian Binekada menambahkan semua perempuan berpotensi mengidap payudara namun dengan bekal pengetahuan deteksi dini maka hal tersebut dapat dihindari.

“Beberapa gejala payudara yaitu ada titik-titik seperti kulit jeruk, puting susunya tertarik kedalam, ada lekukan-lekukan di kulit payu darah,” tambahnya.

Untuk pencegahan kanker payudara secara umum, kata dr Cristian, tidak dapat dicegah secara pasti tetapi bisa dideteksi sejak dini.

“Jadi solusinya yaitu hidup sehat seprti olah raga yang cukup, istrahat yang cukup serta rasa syukur yang terpenting dalam hidup,” tutup Chris.(ars)


Tulis Komentar Anda Disini